Minggu, 18 April 2010

Pengembangan Sistem

1.               SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM
Siklus hidup pengembangan sistem adalah serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh professional dan pemakai sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi. Siklus hidup pengembangan sistem ini terbagi atas enam fase, yaitu :
1. Perencanaan sistem
2. Analisis sistem
3. Perancangan sistem secara umum (konseptual)
4. Evaluasi dan seleksi sistem
5. Perancangan sistem secara detail
6. Implementasi sistem
1.1             FASE AWAL PENGEMBANGAN SISTEM
Fase awal pengembangan sistem menampilkan aspek-aspek konseptual pengembangan sistem yang mengutamakan kemampuan pemakai dalam mengoperasikannya (user driven). Fase awal terdiri dari :
1. Perencanaan sistem
2. Analisis sistem
3. Perancangan sistem secara umum/konseptual
4. Evaluasi dan seleksi sistem
1.1.1         Fase Perencanaan Sistem
1.1.1.1     Latar Belakang Pengembangan Sistem
Saat ini teknologi semakin berkembang pesat di negara-negara yang berkembang termasuk Indonesia.Namun masih ada sebagian perusahaan yang memasarkan produknya secara manual,maka diperlukan suatu sistem yang membantu proses distribusi barang secara efektif dan efisien, terutama dalam bidang komputerisasi. Perkembangan komputer dewasa ini terasa semakin pesat seiring dengan kebutuhan kita yang semakin kompleks.

Semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem komputerisasi diharapkan dapat meminimalkan kesalahan yang dibuat oleh manusia sehingga mengurangi kerugian yang besar. Sebagai contoh perusahaan yang ingin menerapkan sistem terkomputerisasi adalah Barry Cathering Selama ini bBarry Cathering menggunakan cara manual di dalam sistem penjualan. Sebagai salah satu contoh, untuk membuat laporan harus mengumpulkan semua berkas yang ada. Sehingga mengakibatkan pemrosesan data yang lambat.
Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem terkomputerisasi sehingga data yang didapat lebih efektif dan efisien. Dengan komputerisasi dapat mengefisienkan waktu dalam menyelesaikan pekerjaan tersebut secara cepat dan akurat.
1.1.1.2    Tujuan Pengembangan Sistem
Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah menghasilkan pemrosesan data yang lebih cepat serta memudahkan dalam pengelolaan manajemen pada Barry Cathering.
1.1.1.3     Batasan Masalah
Dalam pengembangan sistem ini, penulis membatasi masalah hanya akan membahas pemesanan cathering, konsumen, data penjualan sampai dengan pembuatan laporan.
1.1.1.4     Studi Faktor Kelayakan
o    Kelayakan Teknis
Secara teknis sistem ini tidak terlalu membutuhkan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Dalam mengoperasikan atau menjalankan sistem ini hanya membutuhkan teknologi komputer yang standar seperti :
OS Windows XP
128MB RAM
40GB HDD
o   Kelayakan Ekonomis
Sistem ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi dan tidak terlalu berorientasi pada hardware yang canggih, jadi banyak biaya yang dikeluarkan relatif standar.
o   Kelayakan Legal
Akses dan penyebaran data ini teruji legalitasnya dan keamanannya,Sehingga tidak perlu khawatir akan ke legalitasnya.
o   Kelayakan Operasional
Sistem ini cukup mudah untuk digunakan.Karena operator cukup diberikan training cara menggunakan sistem ini. Dengan adanya sistem ini membuat proses penjualan dan pembuatan laporan keuangan semakin efektif dan efisien.
o   Kelayakan Rencana
Sistem ini dapat direalisasikan dalam jangka waktu kurang dari 3 minggu, sebab perusahaan sangat membutuhkan sistem ini demi kelancaran usahanya.
1.1.1.5     Studi Faktor Strategis
o    Produktifitas
Sistem ini dapat meningkatkan produktivitas penjualan dan kegiatan kerja pegawai. Sehingga pembeli mendapatkan pelayanan yang cepat dan akurat, serta membantu pegawai dalam membuat laporan penjualan.
o   Differensiasi
Sistem ini akan terhubung ke dalam database yang berisi pemesanan dan daftar harga. Selain itu, pelayanan yang diberikan akan lebih cepat,akurat,dan efisien.
o    Manajemen
Dengan menggunakan sistem ini, akan dihasilkan laporan yang akurat dan cepat. Sehingga informasi yang tersedia akan sangat membantu manajer dalam merencanakan, mengendalikan, dan membuat keputusan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Distributed by eBlog Templates