Rabu, 02 Desember 2009

EPORO



Robot beroda tiga (three-wheeled) ini bentuknya unik.Robot ini diberi nama EPORO yg merupakan kependekan dari Episode 0(Zero) Robot. Dibuat dan dikembangkan oleh Nissan. Pertama kali diperkenalkan dalam CEATEC, pameran elektronik dan informasi teknologi di Jepang. Robot beroda tiga ini memiliki tinggi 50 cm, bobot 13 kg, dan kecepatan maksimum kurang lebih 1.4 km/jam.
Robot mungil ini mampu berjalan bersisian dengan teman-temannya tanpa menabrak. Ini dikarenakan EPORO dilengkapi sebuah fitru anti tabrak ( anti collision).Jadi fitur ini berfungsi sebagai sensor untuk mengetahui apapun yang ada di dekatnya. Bagaimana bisa? Sebuah teknologi laser digunakan dalam fitur anti tabrak ini. Laser tersebut akan menghitung jarak antara robot dengan benda apapun yang ada di sekitarnya. Kemampuan dua laser yang tampak seperti mata itu memiliki bidang pandang seluas 288 derajat.
Selain laser, EPORO juga dilengkapi sejumlah informasi tentang lingkungan. Informasi tersebut disimpan pada program dalam tubuhnya. Dia pun bisa merasakan satu sama lain dan segera mengubah arah saat menyadari ada yang menghalangi jalannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Distributed by eBlog Templates